07 Juni 2008

PENILAIAN LOMBA CLEAN, GREEN AND HEALTHY CITY (CGHC) TINGKAT KOTA MASUKI TAHAP AKHIR


Hari ini bertempat diruang Rapat I Pemkot Balikpapan, Tim CGH Kota memberikan tehnikal metting kepada Ketua-Ketua RT yang lolos di 25 besar Lomba CGH di 5 Kecamatan dalam Wilayah Balikpapan termasuk dari Kelurahan Klandasan Ilir sebanyak 3 Rt yaitu RT. 40, RT.60 dan RT 62. Hal tersebut dilakukan TIM CGH Kota Balikpapan sebagai persiapan seluruh Ketua-ketua RT untuk dinilai kembali oleh Tim Penilai CGH Kota Balikpapan. Koordinator Tim Penilai Ir.Panti menyampaikan bahwa Tim Penilai berjumlah 15 Orang terdiri dari berbagai unsur antara lain, dari Bapeldalda, Forkohat, DKPP, DKK, Bagian Hukum, Bagian Pemerintahan, LSM Lingkungan, Kaltim Pos dari dari Unilever Surabaya. Tim Penilai tersebut terbagi dalam 3 Kelompok yaitu Tim Penilai bersih, Tim Penilai Hijau dan Tim Penilai Sehat. Menurut Ir.Panti Hal- Hal yang perlu dipersiapkan Ketua Rt dan Kader Lingkungannya dari kriteria penilaian yang dianggap penting adalah :
  • Penilaian Bersih oleh Tim Penilai bersih meliputi Kebersihan dalam rumah (kamar mandi dan WC), Kebersihan lingkungan. Drainase rumah tangga, Drainase Lingkungan harus mengalir dan tidak ada sampah serta Pelaksanaan 3 R ( Komposting dan Daur ulang), Penilai didampingi oleh Kader bersih RT. (kategori fisik)
  • Penilaian Hijau oleh Tim Penilai Hijau meliputi Luasan Wilayah RT, Luasan sebaran pohon peneduh. Penilai didampingi oleh Kader Hijau RT. (kategori fisik)
  • Penilaian Sehat oleh Tim Penilai Sehat meliputi 10 Indikator Prilaku Hidup Bersih dan Sehat yaitu : 1. Persalinan oleh tenaga medis / Kesehatan 2. Bayi yang menyusui ASI ekslusif 3. Kesesuaian Luas lantai Rumah dan Penghuninya 3. Ketersedian WC/ jamban 4. Tidak merokok. 5. Ketersediaan akses air bersih dan bebas jentik. 6. Aktifitas fisik setiap hari 7. Makan buah dan sayur setiap hari 8. Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air, 9 Memiliki Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. 10 Lantai bukan tanah. Penilai didampingi oleh Kader Sehat RT ( Non Fisik sasaran penilaian Data terdiri dari Peta Rumah tangga, Peta Pasangan Usia Subur, Peta Balita, dialog dll.
Penilaian tahap akhir ini dik Kelurahan Klandasan Ilir akan dimulai pada Tanggal 9 Juni 2008 di RT.60 dan RT. 40 Klandasan Ilir serta Tanggal 10 Juni 2008 di Rt.62 Klandasan Ilir.

Tidak ada komentar: